Musikal ‘The Addams Family’

Musikal ‘The Addams Family’ – Sebuah pertunjukan langka yang diperlengkapi kembali dan berkembang setelah debutnya di New York, musikal, satu dekade kemudian, telah bertahan di sekolah-sekolah dan melalui produksi internasional.

Musikal ‘The Addams Family’

theaddamsfamilymusical – Ulasan Broadway untuk “The Addams Family” sangat mengerikan — jenis pemberitahuan yang, secara teori, dapat mematikan pertunjukan.

Menelusurinya di The New York Times, Ben Brantley menggambarkannya sebagai “gulai hangat dari rutinitas lagu-dan-dansa vaudeville, lelucon Borscht Belt, sitkom stingless dan alur cerita romantis nyaman yang berlumut di zaman ‘Father Knows Best.’ Musikal itu, dia bertahan, adalah “paling khas karena ketidakmampuannya untuk mempertahankan nada yang konsisten atau logika internal.”

Baca Juga : Sejarah Dari Addmas Family 

Namun “The Addams Family,” yang dibuka di Broadway 10 tahun lalu bulan ini dengan Nathan Lane sebagai Gomez Addams dan Bebe Neuwirth sebagai Morticia tercinta, menolak untuk menyerah. Ditunjang oleh kemajuan box-office yang melimpah, itu berlangsung selama 20 bulan – lebih pendek dari yang diharapkan untuk pertunjukan berbintang berdasarkan karakter yang dicintai, tetapi hampir tidak ada nyala api.

Kemudian hal-hal menjadi menarik. Menjadi salah satu pertunjukan langka yang memperlengkapi kembali dan berkembang setelah debut mereka di New York, musikal ini telah terbukti menjadi hit yang bertahan lama dalam produksi teater komunitas dan pemuda dan telah diputar di lebih dari tiga lusin negara.

“Ini adalah produk terlaris kami berdasarkan volume produksi,” kata Steve Spiegel, presiden dan CEO Theatrical Rights Worldwide, yang melisensikan pertunjukan dalam beberapa format, termasuk versi 30 menit untuk pemain sekolah dasar, dan sedang mengincar kemungkinan sekuel oleh penulis yang sama. “Dalam lima tahun terakhir, ‘Addams Family’ adalah pertunjukan sekolah menengah No. 1 yang diproduksi empat tahun itu, dan tahun lainnya menjadi No. 2.”

Apa yang menjadi “Keluarga Addams” bukanlah apa yang ada dalam pikiran produser Stuart Oken ketika dia menunjuk Phelim McDermott dan Julian Crouch, pencipta Inggris dari ” Shockheaded Peter ” yang berseni mengerikan, untuk mengarahkan dan merancang, bekerja sama dengan veteran Broadway Marshall Brickman dan Rick Elice (“Jersey Boys”) dan komposer-liris Andrew Lippa (“Big Fish”).

Oken, yang menyebut proyek itu “kesempatan terbesar yang terlewatkan dalam kehidupan profesional saya,” menyalahkan dirinya sendiri atas pernikahan kreatif yang keliru itu dan jalan berbatu yang mengikutinya.

Seorang mantan wakil presiden eksekutif di Disney Theatrical, Oken mengatakan dia berharap bahwa “serangan artis nirlaba pada sepotong materi arus utama dan terkenal” akan memicu “Keluarga Addams” seperti Julie Taymor melakukan “The Lion King.” Sebaliknya, ia mendapati dirinya meminta pertunjukan doktor darurat oleh sutradara Jerry Zaks — pemenang Tony Award empat kali dan kolaborator lama Lane — untuk membawa produksi ke New York.

Tanda-tanda masalah muncul pada uji coba musik di luar kota di Chicago. Ketika dibuka di sana, dengan antisipasi besar pada bulan Desember 2009, kritikus Chicago Tribune Chris Jones menilainya “terlalu berbobot,” kurang humor, spontanitas, dan fokus naratif. Untuk memperbaikinya, tim kreatif hanya punya waktu empat bulan — tidak cukup waktu.

Namun, dua tahun kemudian, Jones menyatakan produksi tur yang banyak direvisi “jauh lebih baik daripada versi Broadway” – “menyenangkan jika disederhanakan secara visual,” “kurang ambisius” namun menawan, dibuat untuk kesenangan kuno.

Oken, yang memproduseri “The Addams Family” bersama Roy Furman, mengatakan bahwa dia bangga dengan bentuk musikal itu — berdasarkan kartun panel tunggal Charles Addams yang gelap dan membosankan daripada di TV arus utama dan film spin-off mereka — pada akhirnya ditemukan.

“Tapi ini pertunjukan yang berbeda dari apa yang kami rencanakan,” kata Oken. “Pertunjukan yang sangat berbeda.”

Oke, penulis dan dua orang lainnya dari produksi asli itu — Jackie Hoffman, yang memerankan Nenek, dan produser Eva Price (“Tina”; “Jagged Little Pill”), yang satu dekade lalu adalah co-produser pemula — berbicara secara terpisah wawancara telepon tentang pengalaman mereka dari pertunjukan. Kutipan ini telah diedit dan diringkas.

Percobaan Pertama

STUART OKEN (produser utama) Saya pikir kami akan melakukan sesuatu yang berbahaya.

ANDREW LIPPA (komposer dan penulis lirik) Kami diberi akses ke semua gambar asli, dan dari sanalah kami mengambil semua inspirasi kami.

OKEN Saya pikir ini adalah jenis properti di mana saya harus mengambil risiko, dan properti itu cukup kuat untuk menahannya.

EVA PRICE (co-produser) Rasanya seperti ditumpuk dengan kombinasi yang indah dari daya tarik komersial yang luas dan seni kreatif. Baunya benar dalam semua cara.

MARSHALL BRICKMAN (penulis buku) Kami harus memiliki lagu dengan klik di dalamnya, snaps. Ada banyak diskusi metafisik tentang apakah itu harus datang di awal pertunjukan atau apakah itu harus disimpan untuk akhir. Anda tidak ingin melanggar terlalu banyak harapan audiens dengan nama merek.

RICK ELICE (penulis buku) Apa yang kami temukan, agak terlambat (tertawa), adalah bahwa bahkan pada tahun 2010, ide untuk pergi ke luar kota sehingga Anda bisa berada di bawah radar tidak mungkin. Apa pun dengan Nathan Lane di dalamnya akan menjadi terkenal. Apa pun dengan Bebe Neuwirth. Semua orang ada di sana pada pratinjau pertama. Saya pikir sebelum pembukaan selesai, sudah ada ruang obrolan. Jempol semua orang kelelahan karena jeda.

HARGA Ini mendapat ulasan yang cukup sulit di Chicago dan benar-benar mengecewakan orang-orang industri, jadi itu sangat mengkhawatirkan.

OKEN Ada masalah di perusahaan, ada masalah hubungan yang kami perjuangkan dan materi membutuhkan lebih banyak pekerjaan. Saya tidak berpikir kami bisa mencapainya tanpa membuat perubahan. Dengan membuat perubahan, pada dasarnya saya melepaskan hal yang menurut saya coba saya lakukan. Saya menyerahkannya kepada pemain sandiwara berpengalaman yang dapat membantu saya keluar dari masalah. Dan saat itulah Jerry masuk. Julian Crouch, sang desainer, tetap di bagian produksi. Felim pergi.

JACKIE HOFFMAN (aktris) Sayang sekali, karena jika kita mempertahankan sutradara itu, apa visinya? Senang rasanya bisa bertemu dan menjalin hubungan dengan Jerry. Tapi itu pasti sulit secara emosional, dan itu sangat canggung. Tapi, Anda tahu, ini bisnis pertunjukan, bukan “pertunjukan cinta”.

OKEN Saya pikir kegembiraannya terletak pada kepintaran cara melakukannya. Tapi ternyata itu tidak cukup. Itu menjadi kendaraan yang digerakkan oleh bintang. Itu hanya berubah secara berbeda.

Lari Broadway

ELICE Itu adalah musim semi yang seharusnya dibuka oleh “Spider-Man” , yang merupakan acara besar musim ini. Kemudian kami akan masuk setelah itu dan hanya menjadi komedi musikal. “Spider-Man” ditunda, dan begitulah kami. Karena itu adalah pertunjukan besar, dan itu adalah satu-satunya yang tiba-tiba, itu menerima perhatian tertentu yang tidak pernah dimaksudkan untuk dipikul.

LIPPA Ini adalah forum yang sangat umum, menulis musikal Broadway. Jika Anda ingin bermain di liga besar, Anda harus belajar cara menghilangkan suara yang tidak ingin Anda dengarkan.

HOFFMAN Tidak ada yang benar-benar mempersiapkan kami untuk melepaskan kekejaman dan kekejaman mutlak ketika pers New York mengetahuinya.

HARGA Salah satu momen paling mencerahkan dalam karir produksi saya adalah hari setelah malam pembukaan di New York, di mana Stuart Oken dan Roy Furman memaparkan ulasan New York Times yang membawa bencana yang kita semua baca malam sebelumnya. Tim itu memulai rapat iklan dengan membaca paragraf pertama yang mengerikan, dan kemudian paragraf pertama yang mengerikan dari “Mamma Mia!” ulasan dan ulasan “Les Miz” dan ulasan “Jahat” dan ulasan “Kucing” – semua pertunjukan hit ini. Itu sangat membesarkan hati, karena kami seperti, “Kamu benar, ini belum berakhir.”

HOFFMAN Itu hanya benar-benar mempengaruhi Anda sebagai pemain jika penonton terpengaruh. Ada beberapa malam di mana Anda merasa dari penonton, “Yah, saya agak menyukainya, tapi saya tidak seharusnya.” Maksud saya, orang-orang sangat, sangat terpengaruh oleh ulasan. Mereka seharusnya tidak, tapi sayangnya mereka.

ELICE Saya berada di lift di gedung saya dengan beberapa tetangga yang tinggal di lantai bawah. Wanita itu berkata, “Yah, kami baru saja datang dari ‘Keluarga Addams.’ Sungguh bencana.” Untungnya bagi saya, lift terbuka dan mereka keluar. Keesokan paginya, di bawah pintu saya ada sebuah catatan: “Ya Tuhan, saya sangat malu. Ketika kami keluar dari lift, suami saya berkata, ‘Dasar bodoh. Dia menulisnya.’ Jadi saya hanya ingin Anda tahu bahwa saya benar-benar minta maaf karena telah bersikap kasar. Tapi kami ingin uang kami kembali.” Suami saya, yang merupakan aktor yang luar biasa dan manusia yang hebat, berkata, “Saya ingin Anda menulis cek untuknya sekarang.”

OKEN Meskipun pertunjukan berlangsung 20 bulan dan mendapatkan kembali sebagian besar uangnya di Broadway, itu sulit. Itu adalah pengalaman yang sulit.

HOFFMAN Itu memberi saya banyak materi untuk pertunjukan Joe’s Pub . Saya hanya berdiri di sana dan membaca kutipan dari ulasan, terutama yang menyebut saya membungkuk, melengking dan menjengkelkan.

BRICKMAN Kami melakukan seperti 700 pertunjukan, yang tidak cincang hati. Itu tidak memalukan. Saya pikir itu adalah kemenangan dalam bisnis ini.
akhirat

BRICKMAN Kami belajar banyak di Broadway. Sepotong, dalam arti tertentu, memberi tahu Anda apa yang diinginkannya. Dan penonton memberi tahu Anda apa yang bersedia diterimanya.

LIPPA Pada tahun 2011, kami masih menjalankan Broadway dan merencanakan tur nasional kami, dan Stuart berkata, “Kami memiliki sumber daya untuk membantu jika kalian ingin membuat perubahan. Apa yang ingin Anda lakukan?”

ELICE Ini tidak pernah terjadi.

OKEN Saya bilang saya tidak ingin melakukan tur jika kami hanya akan membiarkannya tidak lengkap.

LIPPA Kami merobek acara kami. Kami melihat konflik pusat, dan kami melihat skornya, dan di mana kami bisa melakukan perbaikan.

ELICE Kami menulis ulang untuk membuat pertunjukan lebih banyak tentang karakter, bukan hanya karakter keluarga tetapi karakter baru yang kami perkenalkan untuk membuatnya kurang aneh dan lebih manusiawi. Secara garis besar, itulah triknya.

OKEN Kami membuat tiga perubahan lagu, saya pikir, antara Chicago dan New York, dan kemudian membuat empat lagi antara New York dan tur.

ELICE Pada musim panas ’11, kami semua pindah ke New Orleans dan menghabiskan lima minggu di sana, seolah-olah itu adalah pertunjukan baru. Pada saat kami mulai bermain di New Orleans, kami merasa seperti kami akhirnya memiliki sesuatu yang mirip dengan apa yang kami mulai pikirkan pada tahun 2007, 2008.

OKEN DNA masih merupakan DNA yang ditangkap di awal, dan yang melakukan uji coba pertama dan membuat produksi New York. Kami memiliki pandangan ke belakang dari napas dalam-dalam dan kemampuan untuk bersikap kejam dengan pekerjaan kami sendiri.

LIPPA Versi pertunjukan yang dilihat di seluruh dunia dan telah diputar jutaan orang adalah versi yang kami buat untuk tur nasional.

OKEN Kami sangat nyaman bersama sebagai tim kreatif melakukan versi terakhir pertunjukan. Mungkin karena Broadway telah berlalu, sedikit hasrat telah berlalu, rasa sakit telah berlalu. Saya pikir produksi Australia tidak bisa dipercaya. Kemudian kami melakukan hal yang sama di Buenos Aires. Itu hanya perasaan yang luar biasa untuk mengetahui itu bisa terjadi.

LIPPA Saya hanya berharap bisa membuat sesuatu yang saya banggakan. Dan akhirnya saya melakukannya.

BRICKMAN Saya tidak menyesalinya. Benda itu masih hidup. Itu konyol.

LIPPA Kegembiraan tunggal “Keluarga Addams” adalah bahwa dalam 10 tahun sejak kami membuatnya, dunia telah bergema kembali bahwa mereka menyukai apa yang telah kami lakukan.